11. TEHNIK PROMOSI BUKU

 

RESUME 11.  PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI

 

Tema                           : Teknik Promosi Buku

Hari / Tanggal             : Senin / 21 Maret 2022

Pukul                           : 19.00 – 21.00 wib

Gelombang                  : 23-24

Narasumber                 : Bapak Akbar Zainudin, M.M.,

                                      MJW

Moderator                   : Ibu Widya Setianingsih

                               

“Beberapa orang memimpikan kesuksesannya, sementara yang lainnya bangun setiap pagi untuk mewujudkan mimpinya.” - Wayne Huizenga

Hemm … kata pembuka yang luar biasa disampaikan oleh Ibu Widya Setianingsih sebagai moderator malam ke sebelas yang saya ikuti, dengan sajian materi yang masih berkisar tentang pemasaran buku yang akan diterbitkan oleh para penulis. Adapun temanya “ Tehnik Promosi Buku” yang akan dibahas oleh Akbar Zainudin.

Seperti baiasa, pertemuan malam ini dibagi dalam 4 sesia yang meliputi Seperti biasa pertemuan ini  kita akan bagi  dalam 4 sesi, 1) pembukaan, 2) paparan materi melalu chat WA grup, 3) tanya jawab, 4) penutup. Dan bagi peserta yang ingin bertanya kepada narasumber disampaikan ke nomor HP: 085954558358 dengan format: nama, asal kota, dan pertanyaan. Jangan lupa mengisi link absen sebagai berikut https://bit.ly/3DbBNh6

Sekilas, moderator memperkenalkan bapak narasumber kita malam ini, yaitu bapak AKBAR ZAINUDIN, M.M. MJW.yang merupakan seorang trainer dan motivator  nasional, pendiri PT. EMJEWE Training & Coaching serta perusahaan penerbitan MJW group. Sekaligus juga merupakan seorang penulis 13 buku motivasi dan juga sebagai seorang youtuber . Buku terbaru beliau adalah The Power of Man Jadda Wajada. Semacam penyempurnaan dari Man Jadda Wajada seri pertama. Sudah cetakan ke-13 sudah beredar 55.000 eksemplar.

Pertama-tama narasumber kita, Bapak Akbar Zainudin menyapa para peserta Menulis Belajar PGRI dan sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Om Jay dan team yang telah memberikan kepercayaan kepada beliau untuk belajar bersama malam ini.

Dalam perkenalannya beliau juga menyampaikan judul buku solo nya ynag pertama dengan judul Man Jadda yang telah melakukan cetakan ke-13, dan telah beredar  sebanyak 55.000 eksemplar. Awalnya pak Akbar hanya menulis buku antologi, namun sekarang beliau telah menghasilkan 15 buku yang diawalinya pada tahun 2010 sampai sekarang. Di bawah ini merupakan salah satu buku pak Akbar tentang menulis, UKTUB berisikan panduan menulis dalam 180 hari, didalmnya juga terdapat 150-an alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah sekaligus juga sebagai anggota IKAPI

Adapun strategi pemasaran yang akan dibagikan oleh narasumber, terkait dengan promosi buku UKTUB nya: Panduan Menulis buku dalam 180 hari, yang dapat juga bapak ibu bisa buka pada link :

http://akbarzainudin.com/tentang/buku-ke8-uktub-panduan-lengkap-menulis-buku-dalam-180-hari/

Pada malam ini, pak Akber juga telah mempersiapkan materi berupa video youtube, yang dapat kita simak seperti pada flayer berikut ini.

STRATEGI PEMASARAN BUKU

Strategi pemasaran, termasuk buku terdiri dari empat hal, yang biasa disebut sebagai 4P, yaitu

Product (Strategi Produk), Price (Strategi Harga), Place of Distribution (Distribusi), dan Promotion (Promosi).

Tapi seblum kita bahas empat strategi tersebut, narasumber kembali mengingatkan para penulis agar menentukan target audiens atau pembaca kita, yang tentunya memiliki karakter yang berbeda karena pengaruh usia misalnya.

STRATEGI PRODUK.

Strategi produk biasanya menjadi tanggungjawab penerbit. Dan status si penulis hanya sekedar memberikan masukan kepada penerbit siapa yang akan menjadi target pembaca dan apa yang menjadi kebutuhan mereka terhadap buku yang akan kita terbitkan.

STRATEGI HARGA.

Selain strategi produk yang menjadi tanggungjawab penerbit, strategi harga juga menjeadi tanggujawab penerbit sebagai penentunya. Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi, yaitu :

1.      Harga buku secara umum.

2.      Harga buku dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa).

Harga buku bisa dijual lebih mahal jika mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Misalnya hard cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, workshop, dan lain-lain)

STRATEGI DISTRIBUSI

Pada umumnya untuk strategi distrusi, dapat kita bagi menjadi dua: distribusi tradisional dan distribusi non tradisional. Distribusi Tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal. Sedangkan Distribusi Non Tradisional, dapat melalui : 1) Multilevel Marketing, 2) Melalui Penjualan Langsung, 3) Melalui Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee,

STRATEGI PROMOSI

Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan, misalnya dengan :

1.      Launching Buku. Program untuk meluncurkan dapat dilakukan oleh penerbit maupun penulis dimana saja dan pan saja misalnya di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang penting dapat meyakinkan penerbit bahwa buku kita akan laku di pasaran. Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku. Kita bisa memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia.

2.      Bedah Buku, merupakan acara diskusi untuk membedah isi buku kita, yang dapat dilakukan di semua tempat dan situasi yang memungkinkan, baik  secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya. Sedangkan secara online, yang lebih mudah kita alakukan dengan mengundang orang-orang untuk ikut acara bedah buku bersama kita. Bisa di FB, IG, WA Grup, Zoom, dan sebagainya.

3.      Melakukan Seminar

Untuk melakukan seminar atau workshop hendaknya disesuaikan dengan tema buku kita sebagai target tujuan kita adalah mengenalkan buku kepada peserta. Seminar atau workshop dapat dilakukan secara continue, misalnya sebulan sekali yang dapat dilakuan di sekolah atau juga bisa melalui WA, Zoom, Facebook, Instagram, dsbnya.

4.      Dengan Membangun Komunitas.

Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Dengan membentuk komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku, baik tawaran melalui WhatsApp group atau sesekali  melalui zoom.

5.      Membangun Jaringan Reseller.

Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.

6.      Melalui Jualan di Marketplace.

Buka toko di marketplace seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya. Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.  Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada.

Nah selain tehnik-tehnik penjualan seperti dijelaskan diatas, beberapa ketrampilan lain juga dapat mebantu proses penjulan, seperti ketrampilan :

1.      Keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking). Agar pada saat kita ada acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon pembaca.

2.      Kemampuan copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21.

3.      Ketrampilan pemanfaatan teknologi informasi melaui media sosial seperti YouTube, WA, IG,  Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang seperti itu.

Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah. Diakhir sesi, narasumber mempraktikan langsung promosi buku beliau yang terkait tulis menulis, yaitu buku UKTUB: Strategi Menulis Buku dalam 180 Hari.

Bagi peserta yang akan membeli buku UKTUB malam ini, akan mendapatkan gratis untuk konsultasi dan mentoring untuk penulisan 1 buah artikel.Mulai dari ide, membuat outline, sampai jadi tulisan yang sudah direview dan pengeditan. Pemesanan buku silahkan hubungi ibu Iko di no 0857-1195-6118. Dengan harga Rp 100.000 belum termasuk ongkos kirim ya, dan hanya berlaku malam ini saja.

Monggo bapak ibu yang tertarik untuk memesan buku UKTUB pak Akbar dengan menuliskan format nama, alamat, no hp, jumlah eksemplar.

Demikian resume yang dapat saya sajikan pada malam ke-11 ini. Terimakasih










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Opening Ceremony Kelas Menulis PGRI Gelombang 25 dan 26

14. MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION

TANTANGAN DAY 25 : "MASIHKAH, PAGI AKAN MENJEMPUTKU KEMBALI ?"