RESUME 20. KEGIATAN BELAJAR MENULIS NASIONAL
Resume ke
: 20
Tema.
: Pemasaran Buku
Hari/ Tanggal : Rabu, 22
Februari 2023
Pukul
: 19.00 - 21.00 Wib
Gelombang
: 28
Narasumber. : Agus
Subardana, S.E., M.M
Moderator. : Purbaniasita KS, S.Pd
Malam ke-20
pertemuan Kegiatan Belajar Menulis Nasional (KBMN) gelombang ke-28 malam ini,
bertepatan dengan Perayaan Rabu Abu, bagi seluruh umat Katolik di seluruh
dunia. Dengan adanya penerimaan abu yang telah diberkati sebelumnya, menandakan
bahwa seluruh umat Katolik telah memasuki masa puasa, masa pertobatan atau yang
lebih akrab dikenal dengan masa Pra-Paskah.
Sebagai seorang
beriman Katolik, penulispun mengikuti penerimaan abu di dahi, sejak pukul 17.30
– 18.45 Wib. Setelah perayaan selesai, buru-buru penulis untuk segera pulang
dan tiba di rumah. Singkat cerita sesampai di rumah, penulis cuci tangan, ganti
baju dan segera mempersiapkan malam, dengan menggunakan gaya badai bertiup, set
set .. tara selesai dan makan malam seadanya dengan menu sederhana terdiri dari
sop aya, sambel tahu (kesukaan penulis) dan juga sambel ikan yang yummy, siap
disantap malam ini berdua dengan manta, penuh rasa syukur.
Tidak usah
berlama-lama bercerita, seperti biasa kami berdua bercerita di meja makan, penulispun
menyampaikan bahwa malam ini ada kegiatan rutin mengikuti kegiatan bersama
seluruh sahabat Nuantara di KBMN.
Sang mantan
tercinta sangat memahami, niat sang pujaan untuk mengejar waktu yang sudah
sangat terdesak, akhirnya mengatakan, “ Biar saja, nanti saya yang beresin mejanya,
sudah ibu segera saja mengeikuti kegiatan.” Mendengar hal tersebut, dengan
genit penulis melemparkan senyum termanisss yang pernah dimiliki sebagai
uacapan terima kasih.
Meskipun
agak terlambat, buru-buru penulis membuka dan menemukan jejak pertemuan malam ini,
melalui laptop kesayangan sebagai teman setia dalam setiap kesibukan menulis.
Singkat
cerita, seperti biasa, penulis mulai mengikuti dan mencerna setiap chatting
dalam WhatSaap Group (WAG) KBMN sebagai sarana belajar utama yang digunakan
dalam proses penyampaian materi pertemuan yang dilaksanakan malam Senin, Rabu
dan Jumat.
Malam Rabu,
22 Februari 2023, tema yang akan diangkat adalah tentang PEMASARAN BUKU yang
akan disampaikan oleh seorang narasumber yang sangat mumpuni dengan bidangnya
yaitu Bapak Agustinus Subardana S.E., M.M, dan akan ditemani oleh moderator
muda dan cantik Ibu Purbaniasita KS, S.Pd.
Pak Agus,
demikian panggilan singkat beliau yang penah menjadi seorang dosen di STIE Wiyata
Mandala Jakarta. Sejak 18 tahun 2 bulan lalu beliau telah menekuni dunia
penerbitan buku, dan kini beliau menjabat sebagai Direktur dan Marketing
penerbit ANDI.
Tanpa banyak
kata, Bu Sita demikain panggilan sang moderator segera membuka pertemuan dan
menyampaikan tertib kegiatan malam ini. Dan sepenuhnya moderator mengembalikan
waktu sepenuhnya kepada Pk Agus sebagai narasember yang akan mengupas seluruh
materi terkait dengan Pemasaran Buku.
Pantun yang
begitu indah disampaikan oleh Pak Agus, demikian isi pantun beliau:
Singgah
sebentar di rumah Kerabat
Meminta buah
Apel dan Pisang Banana
Untuk
hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat
dari Saya Agust Subardana
Sakit Gigi
jangan di tahan
Karena
banyak mengunyah makaroni
Puji Syukur
Kepada Tuhan
Kita bertemu
di Grup Belajar Menulis malam ini
Jangan
Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota
Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih
kepada Moderator
Izinkan saya
menyampaikan Strategi Pemasaran Buku
Selanjutnya
pak Agus mulai menjelaskan terkait dengan materi pembelajaran yang diawali
dengan penjelasan beliau bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu
pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak
– anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam rangka
untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan
dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi
pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha,
intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku.
Salah satu
contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu
ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian,
Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan.
Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini
kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan
masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan
Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku
yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori. Strategi Pemasaran buku yang
telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku
serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan
pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi
tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan
Udara. (On Line )
1. Pemasaran Buku Lewat Online
Saat terjadi
pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa
mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa
survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka
akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan
dengan brosur dan baliho besar ada dimana-mana, sekarang cara mengiklan ataupun
kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya
internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit
ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing
lagi dengan istilah digital marketing. Digital marketing merupakan teknik
pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik
memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis
digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara
lain :
a) Content Marketing adalah salah satu jenis digital
marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target
pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon
pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog,
podcast, infografik, dan lainnya.
b) Search Engine Optimization (SEO).
SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website
Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
c) Search Engine Marketing (SEM)
merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine
Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan
meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang
dikenal dengan istilah SERP.
d) Social media marketing memanfaatkan
berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita
bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial
seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah
satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah
dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga
sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir
semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga
pemasarannya jauh lebih mudah.
e) Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan
media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
f) Instant messaging marketing bisa
menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara
online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan
penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger
lainnya.
g) Influencer Marketing . Kehadiran
influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang
akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh
seorang influencer.
h) Video marketing untuk melengkapi strategi
pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang
bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
i) Penerbit Andi Offset mempunyai
Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui
channel Youtube juga dinilai sangat
efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android .
Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live
streaming.
Contoh
pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian :
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
Untuk penjualan buku lewat Online
ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat :
Ø Menyebarkan informasi produk secara
masif kepada target pasar potensial
Ø Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
Ø Menjaga kesetabilan penjualan saat
kondisi pasar lagi lesu
Ø Menaikkan penjualan dan profit
Ø Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
Ø Membentuk citra produk dibenak mata
konsumen sesuai dengan yang diinginkan
Ø Mengubah tingkah laku , persepsi dan
pendapat konsumen
Rencana Kami Penerbit Andi , akan
menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar Indonesia.. dengan hadiah
yang cukup menarik.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya
punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk
komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana
promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat
keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita
harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga
integritas pribadi kita.
Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas
Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
B. Strategi Pemasaran Buku Serangan
Darat (OF LINE )
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju, antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu;
- Toko Buku Modern,
- Toko Buku Semi Modern, dan
- Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko
buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai
sistem administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books
Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini
mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat
dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern
biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per
toko .
Sedangakan Toko Tradisional biasanya
sistem transaksinya masih manual.
Untuk itu saluran toko buku tersebut
di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem
titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan
jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern
ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
Ø Menguasai display buku , supaya
tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
Ø Mengadakan promosi di internal toko
dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
Ø Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan
potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
Ø Mengadakan event tematik sesuai
moment bulan berjalan (program Ramadhan,
Program TAB, Program TAM , dll )
Ø Dan masih banyak lagi program
promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive
komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Direct Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
Ø
Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
Ø
Buku Teks
Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
Ø
Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori
tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan
pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales
tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing
yang bertugas :
Ø Kunjungan langsung ke tiap sekolah
Ø Kunjungan langsung ke setiap kampus
Ø Kunjungan langsung ke setiap
Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Ø Dengan kunjungan langsung tersebut
diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak
Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan
buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event – Event
Aktive dalam
melakukan event – event seperti event
Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
SESI TANYA
JAWAB :
P1. Endang
Ratna Juwita - Bogor.
Pertanyaan:
1.Apa yang
harus kita lskukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku
seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah
ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca? Terima kasih Pak🙏
P2. Evridus
Mangung - NTT.
Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
Pertanyaan :
Bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Salam
P3. Bunda
Mahyla - Malang
Mohon ijin
bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan
atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama
bahwa di Indonesia literasi sangat kurang.
Pertanyaan :
Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli
buku kita. Terima kasih 🙏🏻
P4. Dewi - Seruyan
Kalteng.
1. Saya sudah menulis beberapa buku
baik solo dan antalogi, dan semuanya masih dalam tahap untuk konsumsi pribadi,
jadi untuk memasarkan buku kita tersebut saya masih belum merasa pede karena adanya
ketakutan dalam diri akan karya kita yang mungkin rasanya masih banyak
kekurangan, bagaimana mengatasi hal tersebut?
2. Kemudian bagaimana cara kita bisa
menumbuhkan minat orang lain agar bisa tertarik dg buku kita karena masih
kurangnya literasi masyarakat akan pentingnya membaca buku ditambah sekarang
media online lebih banyak digemari daripada buku cetak.
3. Apa ada syarat khusus untuk kita
bisa menerbitkan buku di penerbit mayor?
P5. Eka – Padang
Pertanyaan :
Apakah ada tim yg bisa
"membenahi" ejaan dan tulisan yg kurang baku sebelum diterbitkan di
penerbit Andi?
P6. Rosjida
Ambawani – Ciamis
Pertanyaan :
1. Apa kriteria tulisan dari penulis
pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku oleh penerbit mayor Andi Offset ?
2. Bagaimana jika ternyata ada buku
yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset dan lesu pemasarannya (tidak
sesuai harapan) ? Apa solusinya?
P7. Bunda
Latifah
Pertanyaan :
1. Apakah yang sulit dalam menulis
2. Mohon diberikan contohnya
P8. Farida
Lisanti
Mohon izin
bertanya pak Agus dan Bu Sita 🙏 saya sangat tertarik dengan iven
yang akan direncanakan penerbita ANDI tentang lomba membuat film pendek bagi
pelajar 👍
Bagaimana
caranya agar dapat mendaftar? Adakah syarat ketentuannya? Terima kasih 🙏
P9. Hasbi
Aprizal - Sukabumi.
1. Bagaimana menyiasati penjualan buku
agar Best seller?
2. Ketika sudah Best seller bagaimana
caranya agar buku kita tidak di plagiat atau difotokopi dengan bebas?
P.10. Eka
Yulia dari Kab. Seruyan.
Pertanyaan:
1. Strategi pemasaran buku seperti apa yang tepat bagi penulis pemula yang belum
terkenal dan tidak memiliki pangsa pasar/ pembaca yang tetap?
2. Ketika terjadi ketidak sesuaian
setelah buku dicetak, (misalnya masih terdapat typo, tanda baca tidak sesuai,
penulisan nama yang salah) apakah penulis boleh meminta perbaikan kembali pada
penerbit?
P.11. Imro'atus Sholihah - MTsN 4
Jombang Jatim
Pertanyaan :
1. Saat ini banyak situs yang
membagikan e-book gratis, bgmn pandangan bapak ttg hal ini terkait prospek
pemasaran buku?
2. Setiap penerbit pasti memiliki
idealisme tersendiri berkait syarat-syarat buku yang diterima dari penulis,
bagaimana idealisme Andi offset?
3. Bagaimana prosedur penerbitan buku
di PT. Andi?
Ada 11
pertanyaan telah diajukan oleh seluruh peserta yang memiliki rasa penasaran dan
semuanya telah dijawab oleh bapak Agus. Kegiaan ditutup dengan pantun dari Bu
Sita, yang sebagai berikut :
Melempar
batu di jembatan gantung
Kaki
melangkah di atas tali
Memasarkan
buku janganlah bingung
Hubungi saja
Penerbit ANDI
Pangkalpinang, 22 Februari 2023
Komentar
Posting Komentar